Minggu, 27 Februari 2011

Sejarah Masjid Al-Barokah



Masjid Al-barokah terletak di Jl KH M Usman RT 04 RW 04 kelurahan Kukusan Kecamatan Beji Kota Depok. Awalnya adalah sebuah mushallah yang didirikan tahun 1970. Didirikan diatas tanah waqaf H Misan.bin Riman , pembangunan awal dimotori oleh lima orang tokoh yaitu :
     1.H Ardja
     2.H Radun
     3.H Latif
     4.H Tarwi
     5.Sa'aman
bangunannya masih sangat sederhana, dindingnya dari bilik dan sebagian dari papan kayu kapuk, ketika pembanguna selesai dinamai dengan Mushalla III.
     Pada tahun 1975, mushalla III direnovasi kembali, bangunannya sudah lebih baik, dindingnya dari batu bata, dan lantainya sudah dipelur
     Pada tahun 1985, mushallah Al-Barokah direnovasi total. ketua pelaksana pembangunan adalah Bapak Madun pungkong.peletakan batu pertama oleh Bapak H Djuhriadi, sebagai ketua LKMD Kelurahan Kukusan. pada tahun 1985, tepatnya pada tanggal 25 Ramadhan     H, diresmikan oleh H Muhammad K dan diberi nama Mushalla Al-Barokah, nama ini diusulkan oleh kalangan Remaja (Muria, Mardani, Burhanudin, Ihwan Ridwan, M Nur dan Agus salim).
Melihat pertembuhan Penduduk yg semakin pesat dan kondisi bangunan yg sudah semakin pudar, masyarakat kembali sepakat untuk merenovasi total mushallah Al-Barokah. Rapat perdana sepakat mushallah direnovasi total menjadi dua lantai,Pembangunan ini dokomandai oleh bapak H Sugeng Purwanto. arsiteknya bapak Zulkarnain dan tehnik sipilnya bapak Ir Adi,  proposal dibuat dan kupon infak juga atas nama mushalla.kemudian kami berkomunikasi dengan Pimpinan Ranting Muhammadiyah Kukusan I dan II, untuk mohon do'a restunya agar mushallah ini kami rubah fungsiinya menjadi Masjid, dan Alhamdulilah direstui.
Pada tgl 31 Maret 2007, peletakan batu Pertama Masjid Al-Barokah dilaksanana oleh bapak Wakil Wali Kota Depok yaitu Bapak Drs H Yuyun Wirasaputra. Alhamdulillah tahun 2011 ini pembangunan sudah selesai, dan Insya Allah akan segera diresmikan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar